Tips menjadikan kelas kreatif



Tips menjadikan kelas kreatif
1.      Bantu siswa memenuhi tujuan mereka
Menjadi kreatif saja tidak cukup. Bantu juga siswa untuk memenuhi tujuan belajar mereka dalam proyek dan tugas yang diberikan dalam kelas.
2.      Bawa kreatifitas untuk semua mata pelajaran
Mengapa harus seni untuk membuat anak belajar dengan senang? Bawa aspek kreatifitas  ke dalam semua mata pelajaran termasuk matematika dan sains.
3.      Campurkan semuanya
Kreativitas dalam mengajar dilakukan dengan mencampurkan berbagai hal. Ubah cara menyajikan pelajaran, nilai siswa dengan cara yang berbeda, dan beri mereka tantangan baru yang tidak terduga.
4.      Berikan umpan balik
Tawarkan umpan balik pada pekerjaan yang sudah dikerjakan siswa sebagai masukan untuk memperbaiki dan lebih memahami ide mereka.
5.      Hindari memberi demonstrasi yang “dianggap” benar
Pikiran kreatif adalah hasil dari berpikir out of the box. Hindari untuk menyajikan contoh yang dianggap paling benar, beri kesempatan siswa untuk menyelesaikan masalah atau soal dengan cara mereka sendiri.
6.      Jangan dorong siswa untuk langsung menjadi sama
Anda tidak dapat mendapatkan pemikir yang independen tanpa pemberontakan kecil. Dorong siswa untuk mempertanyakan mengaa suatu hal harus diselesaikan dengan cara tertentu, serta berani berbicara ketika ada hal-hal yang mereka pikir kurang tepat.
7.      Berikan kebebasan, tetapi tetap fokus
Kreatifitas membutuhkan kebebasan, tetapi bukan kebebasan tanpa batas. Beri siswa tujuan untuk pekerjaan mereka agar lebih fokus.
8.      Dorong otonomi
Jika Anda memberi jawaban untuk semua pertayaan sulit, maka siswa tidak akan termotivasi untuk menyelesaikan permasalahan sendiri. Dorong mereka untuk bekerja dan hanya meminta bantuan ketika memang merasa buntu.
9.      Biasakan kerjasama
Terkadang bekerja sendiri dapat menghasilkan hasil yang baik, tetapi siswa juga dapat mendapatkan banyak ide kreatif ketika mereka bekerja dalam kelompok. Bantu mereka belajar untuk bekerja dengan produktif dalam kelompok yang mendukung.
10.  Libatkan anak untuk membuat peraturan
Aturan di kelas akan lebih merasa dimiliki dan dihormati ketika anak merasa memiliki peran dalam menetapkan aturan dalam kelas, dengan alasan yang rasional.

Comments