Filsafat Dewasa Ini

Filsafat Dewasa Ini

Filsafat dewasa ini juga disebut filsafat barat abad ke 20. Ciri perkembangan fillsafat barat barat abad ke20 ini adalah  desentralisasi manusia. Subyek manusia tidak lagi di anggap sebagai pusat kebudayaan. Dan desentralisasi manusia adalah perhatian khusus terhadap bahasa sebagai subyek kenyataan kita sehingga pemikiran filsafat sekarang ini disebut logosentris.
Logosentris berasal dari kata logos yang berarti bahasa, teks,isi pemikiran, kata, atau pembicaraan, banyak filosof melihat, bahasa sebagai obyek terpenting pemikirannya dan para filosof menganggap filsafat sebagai teks yang harus ditafsirkan. ( lihat Harpy Hamersma., tokoh-tokoh filsafat barat modern, Gramedia, Jakarta, 1986 hlm 141 )
Sekarang ini terdapat dua aliran pemikiran filsafat yang mempunyai pengaruh besar, akan tetapi aliran-aliran ini belum dapat dikatakan sebagai aliran yang membuat sejarah. Hal ini di sebabkan karena aliran-aliran ini masih di anggap baru kedua aliran tersebut adalah filsafat analitis dan filsafat strukturalis.

Comments