Strukturalisme
Tokohnya
adalah J.Lacan yang lahir di paris pada tahun 1901. Bahasa membuka
suatu lapangan posisi-posisi yang di sistematisasifan dengan
aturan-aturan menurut pendapatnya, kita baru menjadi pribadi apabila
kita mengabdikan diri pada permainan bahasa.
Filsafat dewasa ini juga disebut filsafat barat abad ke 20 ciri perkembangannya filsafat barat abad ke 20 ini adalah desentralisasi manusia. Subyek manusia tidak lagi dianggap
sebagai pusat kenyataan dan desentralisasi manusia adalah perhatian
khusus terhadap bahasa sebagai subyek kenyataan kita sehingga pemikiran
filsafat seseorang ini desebut logosentris.
Disini
dengan “strukturalisme “dimaksudkan sekelompok pemikir yang menarik
banyak perhatian sekitar tahun 60-an. Barangkali tidak ada Negara dimana
filsafat dapat mencapai taraf mode seperti di prancis. Disana tidak hanya terdapat mode dibidang houte couture atau
adibusana ( pembuatan pakaian yang eklusif ), tetapi juga dibidang
intelektual.dalam kalangan lebih terbatas strukturalisme dikemukakanjuga
sebagai reaksi melawan fenomenologi yang dipranac tentu berkaitan erat dengan eksistensialisme
Dalam
aliran pemikiran prancis yang sedang kita bicarakanini terdapat juga
seorang secara eklusif berkecimpung dibidang psikoanalisa dan berusaha
memberikan suatu interpretasi baru mengenal psikoanalisa freud dalam
perspektif strukturalistis. Namanya adalah JACQUES LACAN ( 1901-1981 ).
Ia dilahirkan di prancis dan belajar ilmu kedokteran serta psikiatri di kota
asalnya.tahun1932 ia meraih gelar”doktordan ilmu kedokteran”
berdasarkan disertasi ia psychose paranoiaque dans ses rapports avec ia
personalite ( dicetak ulang 1975 ) ( psikosa paranoia dalam hubungan
dengan kepribadian). Sekitar waktu yang samaia mencari kontak langsung
dengan alirandalam kesenian prancis yang disebut” surealisme “. Tahun
1936 ia mencari ceramah dalam kongres ke 14 dari “himpunan
internasionaluntuk psikoanalisa”(the internbational psychoanalytic
association). Lacan sudah lama mengkritisbeberapa tendensi
dalam “himpunan internasional untuk psikoanaliasa “ khususnya diantara
anggota- anggota amerika dalam himpunan itu. Ia menolak setiap
empiristis dan sientistis mereka, ia menentang bertambah pentingnya Ego Psychology tendensi ”medikalisasi” ( medicalization) pada
analisis-analisis amerika , yaitu tendensi untuk mengaitkan secara
eklusif psikoanalisa dengan propesi medis. dalam hal terakhir ini ia
dekat dengan ikhtiar Freud sendiri dalam masalah awam (1972). Di paris
ia mendirikan suatu himpunan baru Societe francaise de psychanalyse
(1953) yang mengakui sebagai tujuannyauntuk secara konsekuen kembali
pada psikoanalisa psychanalise. Karya lacan yang tebal
berjudul Ecrits (1966) ( karangan-karangan) terdiri dari ceramah-ceramah
yang diberikannya pada berbagai kesempatan. Tahun 1974 terbit bukunya
Television (televisi), berisikan dua wawancara yang diberikan untuk
telivisi prancis pada tahun sebelum meninggalnya ia sendiri membubarkan
Ecole freudienne di paris, karena menurut pendapatnya disitu telah terjadi terlalu banyak penyimpangan kompromi.
Karya
nya sebagian terbesar terdiri atas teks-teks yang pernah diucapkan
sebagai ceramahatau bahan seminar dan kemudian oleh si penceramah
dituliskan dan direvisi. Lacan penulis untuk insiders:sering diulanginya
bahwa ia hanya bicara untuk analis-analis. Tetapi ironinya adalah bahwa
buku ecrits telah menjadi best-seller yang banyak di baca atau
sekurang-kurangnya dimiliki oleh orang yang tidak akan mengerti.
Lacan
selalu membahas ketidaksadaran dalam konteks percakapan psikoanalitis.
Artinya percakapan seorang psikoanalis dengan pasiennya atau lebih umum
percakapan seorang psikoanalis dengan analisanya.
Comments
Post a Comment