Aktivitas Penelitian



Aktivitas Penelitian
Winarno Surakhmad (1990:20-30) mengatakan bahwa jika dianalogikan sebagai pohon, penelitian dapat tumbuh subur hanya jika iklim, perawatan, dan faktor lain untuk tumbuh telah terpenuhi. Dari sudut ini, peneliti membutuhkan faktor lain agar penelitian yang dilakukan membuahkan hasil.
Kebutuhan-kebutuhan seorang peneliti adalah sebagai berikut :
1.      Kebutuhan terhadap teori
Seorang peneliti membutuhkan teori yang menjadi dalil bagi dasar-dasar pijakan penelitian. Teori dapat menjadi dasar dan rangka suatu ilmu pengetahuan. Teori ilmiah adalah teori yang dapat dijadikan pijakan untuk melakukan pengolahan data, mulai system pengumpulan data hingga penilaian data itu sendiri, sehingga data yang dimaksud akan diketahui relevansinya dengan teori atau sebaliknya bertentangan dengan teori.
2.      Kebutuhan terhadap masalah
Yang dimaksud dengan masalah adalah setiap kesulitan yang menggerakan manusia untuk memecahkannya. Masalah harus dirasakan sebagai rintangan yang harus dilalui.
3.      Kebutuhan terhadap rencana
Pembatasan masalah terdapat dalam rumusan masalah. Ada tiga hal yang berkaitan dengan perumusan masalah, yaitu :
a.       Dalam rencana kerja, setiap istilah perlu memiliki pengertian tertentu yang jelas. Istilah yang samar-samar harus dihindarkan.
b.      Dalam rencan kerja, jangan mengambil daerah yang terlalu luas, sehingga penyelidikan menjadi buyar.
c.       Dalam rencana kerja, jengan terlalu menyempitkan masalah, sehingga masalah yang dimaksud kehilangan makna yang sesungguhnya.

4.      Kebutuhan terhadap hipotesis
Sangat utama dalam penelitian yang bersifat kuantatif. Untuk penelitian kualitatif, hipotesa tidak terlalu penting. Jika demikian, peneliti membutuhkan hipotesis berbentuk asumsi.
5.      Kebutuhan terhadap data
Dalam semua penelitian dibutuhkan sejumlah data. Tanpa data, tidak ada penelitian. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai teknik, misalnya observasi, wawancara, dokumentasi dan sebagainya.
6.      Kebutuhan terhadap fasilitas
Tampak tidak begitu penting, padahal fasilitas itu sangat mendukung keberhasilan suatu penelitian. Misalnya, alat perekam, kamera, kendaraan dan sebagainya.
7.      Kebutuhan akan kebebasan
Artinya bahwa peneliti harus bebas bergerak dalam mengumpulkan data. Bukan penelitian yang dikejar target sponsor, sehingga prinsip yang dibangun dalam penelitian adalah kebenaran.

Comments