Ciri-ciri pokok pengetahuan ilmiah



Ciri-ciri pokok pengetahuan ilmiah :
1.      Empiris : hasil yang diperoleh berdasarkan fakta actual yang bisa ditangkap oleh indera (obserasi,percobaan). Ilmu juga rasional, artinya bersumber pada pemikiran rasional.
2.      Sistematik : pengetahuan yang telahtersusun ada hubungan ketergantungan dan teratur dengan pengetahuan sebelumnya (proporsi). Jadi ada langkah sistematik yang teratur dalam memperoleh ilmu pengetahuan ilmiah (proses/aktivitas, metode). Teori kinerja dibangun oleh konsep kemampuan dan motiasi ilmu epistemology dibangun dari beberapa teori seperti natural history disease, ecological triangle.
3.      Objectifitas dan universal : apa yang diketahui sesuai dengan apa adanya, tanpa ada unsure kenginan dan kecenderungan subjectif dari penelaahnya. Apa yang berlaku di satu Negara yang lain. Berlaku lintas ruang dan waktu apa yang dibumi. Hasil ilmu digunakan untuk meramalkan dan mengontrol gejala alam, sehingga berguna bagi kehidupan manusia. Hasil ilmu berupa model (isi variabel yang menjelaskan).
4.      Analisis : pengetahuan dapat diuraikan secara rinci kedalam bagian dapat dipelajari sifat,hubungan, danperananya.
5.      Verifikatif dan falsifikasi : pengetahuan yang telah diperiksa kebenaranya oleh ilmu yang lain, dapat diteliti kembali kebenaranya bisa di uji ulang.
6.      Dapat dikomunikasikan dan diterima umum, impersonal artinya merangkum fenomena yang lebih luas dan bersifat impersonal. Pelayanan pasien dikenal komunikasi terapeutikyaitu komunikasi impersonal komprehensif.

Comments

  1. tolong jelaskan tentang Teori Natural History Disease dan Teori Ecological Triangle

    ReplyDelete

Post a Comment