Cara meningkatkan focus dan konsentrasi



Cara meningkatkan focus dan konsentrasi
Apakah anda merasa jika sekarang anda menjadi lebih mudah lupa? Jika iya, bisa jadi hal ini dikarenakan ada yang berubah dalam keseharian anda. Entah karena mungkin terlalu  banyak hal yang harus dikerjakan sehingga hal lain menjadi terabaikan atau mungkin karena kurangnya istirahat yang cukup sehingga otak tidak dapat fokus. Tingkat konsentrasi yang baik serta peningkatan memori otak yang lebih mudah dalam mengingat dan berpikir tentu menjadi keinginan bagi semua orang. Namun sayangnya stress dan rasa lelah dapat memicu turunnya konsentrasi sehingga kerjaan pun tidak beres. Turunnya konsentrasi bisa juga menjadi pertanda jika otak tengah kelelahan dan membutuhkan asupan energi yang tepat.
1. Hindari melamun
Melamun memang menjadi kebiasaan yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun melamun juga menjadi pekerjaan yang dapat membuyarkan konsentrasi. Melamun dapat membuat mood seseorang dalam menjalankan aktivitas menjadi berkurang karena tidak lagi bergairah. Melamun merupakan kebiasaan yang memakan banyak waktu juga membuat seseorang menjadi malas.
Untuk mengatasi kebiasaan melamun, anda bisa menyediakan waktu khusus untuk digunakan melamun. Sebagai contoh, anda bisa meluangkan setengah jam anda sebelum tidur untuk melamun. Menyediakan waktu khusus untuk melamun dapat memperkecil  kemungkinan anda untuk melamun di kala bekerja.
2. Istirahat
Jangan pernah menggunakan otak dalam waktu yang lama tanpa diberi jeda untuk beristirahat. Ingat untuk selalu berisitirahat setidaknya lima menit pada tiap 60 menit yang anda gunakan untuk berpikir.  Terlebih jika pekerjaan atau aktivitas yang anda lakukan membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi, maka jeda untuk beristirahat merupakan hal yang penting yang harus dilakukan.
Menggunakan otak tanpa jeda, membuat daya konsentrasi atau fokus anda semakin berkurang. Istirahat, berguna untuk mempertajam kembali vitalitas otak anda.
3. Ganti suasana
Cara meningkatkan fokus yang selanjutnya adalah dengan menyegarkan pikiran. Ada banyak cara yang bisa diterapkan mulai dari mendengarkan musik, mengonsumsi camilan atau bisa pula dengan berjalan-jalan keluar. Terutama bagi anda yang bekerja atau belajar dengan durasi yang cukup lama, maka mengambil waktu jeda untuk menyegarkan pikiran menjadi hal yang diperlukan.
4. Lakukan aktivitas untuk menyegarkan pikiran
Darah merupakan kendaraan utama bagi oksigen dalam tubuh kita. Kecukupan oksigen dalam otak dapat membantu anda untuk lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas yang harus diselesaikan. Cobalah melakukan aktivitas yang dapat membantu melancarkan aliran darah guna meningkatkan konsentrasi anda dalam belajar atau bekerja. Cara meningkatkan jumlah oksigen ke otak bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berjalan-jalan, berbaring atau mungkin sekadar menggeser tempat duduk dan mengganti posisi duduk anda.
Jika anda berada di dalam kantor dengan area serta kondisi yang tidak memungkinkan bagi anda untuk berjalan-jalan, anda bisa melakukan peregangan anggota tubuh serta senam-senam ringan yang tidak menyita tempat.

Comments