Cara Tepat Melatih Kesabaran Anak



Anak-anak juga Manusia, berbeda anak berbeda juga tingkat kesabarannya. Sikap sabar pada Anak tidak selalu bisa muncul begitu saja. Kadang bahkan sering kali, Ditemui anak yang menangis karena meminta sesuatu seketika tanpa tahu keadaan atau tidak sabar menunggu sesuatu yang seharusnya memang belum saatnya Dia dapatkan. Dalam keadaan ini, maka sikap paling penting untuk diajarkan pada Anak sedini mungkin adalah sikap sabar. Kesabaran anak bisa dilatih dan dibiasakan untuk membangun pribadi Anak menjadi lebih sabar. Untuk itu diperlukan cara tepat untuk melatih kesabaran anak. Anak-anak pada usia sekolah dasar  memang belum mengenal konsep waktu sehingga mereka belum memiliki kemampuan untuk bersabar meskipun hanya sebentar saja.
Cara Tepat Melatih Kesabaran Anak
Memanfaatkan kebiasaan Anak
Anak pada umumnya suka meniru sesuatu dari Orang sekitarnya terutama Orang terdekat yaitu Orang Tuanya. Oleh karena itu, jadilah Orang Tua yang bisa memberi contoh tentang kesabaran. Dimanapun jika itu mendukung untuk memberikan contoh kesabaran pada Anak, maka lakukanlah.seperti sabar dalam antri dimanapun jangan asal melewat orang, sabar menuggu sesuuatu ketika dia menginginkan sesuatu ditmpat umum
Menunda
Menunda keinginan Anak juga bisa dilakukan untuk melatih kesabaran Anak. Berikan alasan yang masuk akal agar anak bisa mengerti meskipun pada awalnya cukup sulit. Ini seperti yang diungkapkan dan diterapkan seperti ketika si anak menginkan mainaan kita sebagai orang tua mau tidak mau membelikanya nah disini kita bisa menerapkan kesabaran si anak dengan cara menunda memmbelikan mainan uruk si anak dengan cara yanga masuk akal yaitu nak, kalau kamu bisa baca nanti ibu belikan mainan yang kamu inginkan . nah disitu dia akan berusaha sekaligus sabar menunggu.
Jelaskan
Jelaskan makna sabar pada Anak. Buat Anak mengerti arti dari sabar tersebut serta dampak positif apa saja yang didapat jika bisa bersabar. Ini cukup berguna membuat Anak bisa mengerti dan mau untuk lebih sabar dari sebelumnya.jelaskan secara pelan-pelan kepada si anak tentang kesabaran.
Berikan petunjuk
Berikan petunjuk pada anak seberapa lama Dia harus bersabar. Jadi anak bisa tahu kapan Dia akan mendapatkan hak atau keinginan yang sudah diungkapkan. Setidaknya jika bukan masalah waktu, hal itu menyangkut keadaan seperti kondisi saat ada uang lebih. "Nanti ya kalau kamu bisa baca".

Alihkan perhatian
Alihkan perhatian pada sesuatu yang menyenangkan agar anak tidak bosan atau frustrasi selama menunggu. Berikan aktivitas lain yang bisa membuatnya senang atau terhibur. Ini cukup membantu dan juga ampuh dalam membuat anak terlatih untuk lebih bersabar.
Berikan pujian
Berikan pujian jika anak berhasil melewati waktu untuk menunggu. Ini berguna karena pada umumnya Anak suka dengan pujian dan karena itu Dia bisa mengulangi tindakan yang sama untuk mendapat pujian lagi atau dari Orang lain. Seperti halnya dengan tertawa karena tindakannya yang lucu. Karena anak usia sd masih ingin dipuji







Comments