CONTOH POLA PEMBELAJARAN CTL
1. Contoh pola pembelajaran
CTL (Rumpun IPS)
Topik : fungsi pasar
Kompetensi dasar : Siswa memahami fungsi dan memahami
fungsi dan jenis pasar
Indikator hasil belajar :
-Siswa dapat menjelaskan pengertian
pasar
-Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis
pasar
-Siswa dapat menjelaskan perbedaan
karakteristik pasar tradisional dan pasar modern
-Siswa dapat menyimpulakan fungsi
pasar
-Siswa dapat membuat karangan
terkait tenaga pasar.
Proses pembelajarannya
a. Pendahuluan
1) Guru menjelaskan kompetensi yang
harus dicapai sisiwa dan pentingnya materi ajar dalam kehidupan ekonomi social.
2) Guru menjelaskan prosedur
pembelajaran CTL
a) Siswa dibagi kedalam
beberapa kelompok sesuai dengan jumlah
b) Tiap kelompok ditugaskan
untuk melakukan observasi kepasar tradisional dan pasar modern
c) Melalui instrument
observasi atau angket siswa diminta mencatat mengenai berbagai hal yang
ditemukan dipasar.
3) Guru melakukan tanya jawab
sekitar tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
b. Kegiatan inti
Dilapangan
1) Siswa melakukan observasi kepasar
sesuai dengan pembagian tugas kelompok
2) siswa mencatat hal-hal yang
mereka temukan dipasar sesuai alat observasi ,angket yang telah mereka susun
sebelumnya.
Didalam kelas
1) Siswa mendiskusikan hasil temuan
mereka sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
2) siswa melaporkan hasil diskusi
3) Setiap kelompok saling
menjawab terhadap pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lainya.
c. Penutup
1) Dipimpin oleh guru ,siswa
menyimpulkan hasil observasi dan diskusi tentang fungsi dan jenis pasar sesuai
dengan indicator belajr yang dicapai.
2) Guru menugaskan siswa untuk
membuatkarangan tentang pengalaman belajar mereka dengan team”pasar”
2. Contoh scenario pembelajaran
konstektual untuk ilmu alam atau sains
Pengorganisasian :
kelompok kecil 4-5 orang
Pertemuan I :Menyelidiki perubahan air menjadi uap dan kembali lagi
menajadi air
- Tanya jawab tentang terjadinya hujan
- Penjelasan penggunaan alat
- Melakukan kegiatan percobaan
- Mengamati dan melaporkan hasil percobaan
- Menyimpulkan hasil kegiatan
- Memberi contoh terapan dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan II :Menyelidiki wujud lilin yang dipanaskan kemudian didinginkan
- Tanya jawab tentang terjadinya perubahan wujud pada lilin.
- Penjelasan penggunaan alat
- Melakukan kegiatan percobaan
- Mengamati dan melaporkan hasil percobaan
- Menyimpulakan hasil percobaan
- Memberi contoh terapan dalam kehidupan sehari-hari.
Alat dan Bahan :
- Air, lilin, korek api
- Kompor/pemanas, cawan
Penilaian
- Penialian tertulis (Mengenal perubahan wujud, mengenai benda yang berubah wujud dapat kembali kewujud semula)
- Kinerja(mengamati kinerja sisiwa atau melakukan percobaan)
- Produk(merancanng dan membuat alat penyulingan air)
Comments
Post a Comment