Kemampuan memori yang berkembang pada masa kanak-kanak awal



Kemampuan memori yang berkembang pada masa kanak-kanak awal
·         Model pemprosesan informasi mendeskripsikan tiga tahap dalam mengingat yaitu:
A.    Encoding: proses di mana informasi dipersiapkan untuk penyimpanan jangka panjang dan pemanggilan kembali di kemudian hari..
B.     Storage: penyimpanan ingatan untuk penggunaan di masa depan.
C.     Retrieval: proses di mana informasi diakses atau dipanggil kembali dari penyimpanan ingatan.
·                 Pada semua usia, mengenal dapat dilakukan lebih baik dari mengingat, akan tetapi kedua kemampuan tersebut meningkat pada masa anak-anak awal. Membentuk memori anak. Memori tentang pengalaman pada masa anak-anak awal jarang sekali yang terjadi secara disengaja: anak kecil biasanya mengingat peristiwa yang membuat kesan yang sangat kuat, dan dan sebagian besar dari memori sadar awal, ini tampaknya bersifat jangka pendek. Cara seorang anak membentuk memori permanen ada tiga tipe yaitu:
1.      Memori generic: memori yang menghasilkan script bagi rutinitas yang akrab untuk memandu perilaku. Script adalah catatan umum yang akrab dan berulang, dipergunakan untuk memandu perilaku. Misalnya: seorang anak bisa saja memiliki script untuk menaiki bus ke sekolah atau makan siang di rumah nenek.
2.      Memori episodis: memori jangka panjang tentang peristiwa yang kerap terjadi dan akrab, dihubungkan dengan tempat dan waktu.
3.      Memori autobiografis: memori tentang peristiwa tertentu dalam kehidupan seseorang. Misalnya: seorang anak mengingat saat dia pergi ke kebun binatang. Karena ke kebun binatang itu dia mengingat peristiwa baru dan unik, dia juga mengingat detail dari perjalanan tersebut hingga beberapa tahun.

Comments