Kemampuan memori yang berkembang pada masa
kanak-kanak awal
·
Model
pemprosesan informasi mendeskripsikan tiga tahap dalam mengingat yaitu:
A.
Encoding: proses di mana informasi
dipersiapkan untuk penyimpanan jangka panjang dan pemanggilan kembali di
kemudian hari..
B.
Storage: penyimpanan ingatan untuk penggunaan
di masa depan.
C.
Retrieval: proses di mana informasi diakses
atau dipanggil kembali dari penyimpanan ingatan.
·
Pada semua usia, mengenal
dapat dilakukan lebih baik dari mengingat, akan tetapi kedua kemampuan tersebut
meningkat pada masa anak-anak awal. Membentuk
memori anak. Memori tentang pengalaman pada masa anak-anak awal jarang sekali
yang terjadi secara disengaja: anak kecil biasanya mengingat peristiwa yang
membuat kesan yang sangat kuat, dan dan sebagian besar dari memori sadar awal,
ini tampaknya bersifat jangka pendek. Cara seorang anak membentuk memori
permanen ada tiga tipe yaitu:
1.
Memori generic: memori yang menghasilkan script bagi rutinitas yang akrab untuk
memandu perilaku. Script adalah
catatan umum yang akrab dan berulang, dipergunakan untuk memandu perilaku.
Misalnya: seorang anak bisa saja memiliki script
untuk menaiki bus ke sekolah atau makan siang di rumah nenek.
2.
Memori episodis: memori jangka panjang
tentang peristiwa yang kerap terjadi dan akrab, dihubungkan dengan tempat dan
waktu.
3.
Memori autobiografis: memori tentang
peristiwa tertentu dalam kehidupan seseorang. Misalnya: seorang anak mengingat
saat dia pergi ke kebun binatang. Karena ke kebun binatang itu dia mengingat
peristiwa baru dan unik, dia juga mengingat detail dari perjalanan tersebut
hingga beberapa tahun.
Comments
Post a Comment