METODE-METODE PENDUKUNG PENGEMBANGAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
1. PQ4R
Pengalaman awal dapat dibangun
melalui aktivitas membaca sehingga peserta didik akan memiliki stock knowledge.
Langkah – langkahnya :
a) P ( Preview )
yaitu peserta didik menemukan ide – ide pokok yang dikembangkan dalam bahan
bacaan.
b) Q ( Question ) yaitu
peserta didik merumuskan pertanyaan – pertanyaan untuk dirinya sendiri yang
diarahkan pada pembentukan pengetahuan deklaratif, structural dan pengetahuan
procedural.
c) R ( Read )
yaitu peserta didik membaca secara detail dari bahan bacaaan yang dipelajarinya
sehingga paerta didik diarahkan mencari jawaban terhadap semua pertanyaan yang
dirumuskannya.
d) R ( Reflect ) yaitu peserta
didik memahami apa yang dibacanya.
e) R ( Recite )
yaitu peserta didik merenungkan kembali apa yang dibacanya dan mampu merumuskan
konsep – konsep, menjelaskan hubungan antar konsep dan mengartikulasikan pokok
– pokok penting yang telah dibacanya.
f) R ( Review )
yaitu peserta didik merangkum atau merumuskan intisari dari bahan yang telah
dibacanya. Peserta didik mampu merumuskan kesimpulan sebagai jawaban dari
pertanyaan – pertanyaan yang telah diajukannya.
2. Guided Note
Taking
Merupakan metode catatan terbimbing
yang dikembangkan agar metode ceramah yang dibawakan guru mendapat perhatian
siswa. Langkah – langkahnya :
a) Memberikan
bahan ajar misalnya yang berupa handout dari materi ajar yang disampaikan
dengan metode ceramah kepada peserta didik.
b) Mengosongi sebagian
poin – poin yang penting sehingga terdapat bagian – bagian yang kosong dalam
handout tersebut
c) Menjelaskan
kepada peserta didik bahwa bagian yang kosong dalam handout memang sengaja
dibuat agar peserta didik tetap berkonsentrasi mengikuti pelajaran.
d) Selama ceramah
berlangsung peserta didik diminta untuk mengisi bagian yang kosong tersebut.
e) Setelah
penyampaian materi selesai, minta peserta didik membacakan handoutnya.
3.
Snowball Drilling
Metode ini dikembangkan untuk
menguatkan pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari membaca bahan – bahan
bacaan. Peran guru adalah mempersiapkan paket soal – soal pilihan ganda dan
menggelindingkan bola salju berupa soal latihan dengan cara menunjuk atau
mengundi. Langkah – langkahnya :
a) Peserta didik
di tunjuk arau diundi satu persatu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan
guru.
b) Jika peserta didik
pertama berhasil menjawab maka paserta didik tersebut berhak menunjuk teman
yang lainya untuk menjawab soal berikutnya. Tetapi jika peserta tersebut gagal
manjawab pertanyaan pertama maka dia harus menjawab pertanyaan berikutnya
hingga berhasil menjawab.
c) Diakhir
pelajaran guru memberikan ulasan terhadap hal yang telah dipelajari peserta
didik.
4.
Concept Mapping
Langkah – langkahnya :
a) Guru
mempersiapkan potongan – potongan kartu yang bertuliskan konsep – konsep utama.
b) Guru membagikan
potongan – potongan kartu yang bertuliskan konsep – konsep utama kepada peserta
didik.
c) Memberi
keempatan kepada peserta didik untuk mencoba membuat peta yang menggambarkan
hubungan antar konsep. Dan membuat garis hubung serta menuliskan kata atau
kalimat yang menjelaskan hubungan antar konsep.
d) Kumpulkan hasil
pekerjaan peserta didik dan bandingkan dengan konsep yang benar dan dibahas
satu persatu.
e) Ajak seluruh
kelas untuk melakukan koreksi atau evaluasi dan rumukan beberapa kesimpulan
terhadap materi yang dipelajari.
5.
Giving Question and Getting Answer
Dilakukan untuk melatih peserta
didik memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan.
Langkah – langkahnya :
a) Bagikan 2
potongan kertas pada peserta didik, kemudian minta kepada peserta didik untuk
menuliskan dikartu itu (1) kartu menjawab, (2) kartu bertanya.
b) Ajukan pertanyaan
baik dari peserta didik maupun guru tulis pada kartu bertanya.
c) Minta kepada
peserta didik untuk memberi jawab dan menuliskannya pada kartu menjawab dan
serahkan pada guru.
d) Jika sampai akhir
masih ada peserta didik yang memegang 2 kartu maka minta mereka untuk membuat
resume atas proes tanya jawab yang sudah berlangsung.
6.Question Student Have
Dilakukan untuk melatih peserta
didik memiliki kemampuan bertanya. Langkah – langkahnya :
a) Membagi kelas
menjadi 4 kelompok.
b) Bagikan kartu kosong
kepada setiap peserta didik dalam setiap kelompok.
c) Minta peserta
didik menuliskan pertanyaan yang mereka miliki tentang hal – hal yang
dipelajari.
d) Putar kartu searah
jarum jam sehingga ketika setiap kartu diedarkan pada anggota kelompok, anggota
tersebut harus membacanya dan memberikan tanda (v) jika pertanyaan terebut
dianggap penting. Putar hingga ampai kapada pemiliknya kembali.
e) Periksa
pertanyaan mana yang memperoleh suara yang banyak dan bandingkan dengan perolehan
anggota lain. Pertanyaan yang mendapat suara terbanyak menjadi milik kelompok.
f) Setiap kelompok
melaporkan pertanyaan tersebut secara tertulis dan guru memeriksa. Setelah
diseleksi pertanyaan dikembalikan kepada peserta didik untuk dijawab secara mandiri
maupun kelompok.
7.
Talking Stick
Metode ini mendorong peserta didik
untuk berani mengemukakan pendapat. Langkah – langkahnya :
a) Guru
menjelaskan materi pokok yang akan dipelajari.
b) Peserta didik diberi
kesempatan untuk membaca dan mempelajari materi tersebut.
c) Guru meminta
kepada peserta didik untuk menutup bukunya. Kemudian guru mengambil tongkat dan
diberikan kepada salah satu peserta didik. Peserta didik yang mendapat tongkat
tersebut harus menjawab pertanyaan yang diberikan guru, dan demikian
seterusnya.
d) Guru member keempatan
kepada peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap materi yang telah
dipelajari dan guru member ulasan terhadap seluruh jawaban yang diberikan
peserta didik dan selanjutnya bersama – sama merumuskan kesimpulan.
8.
Everyone is Teacher Here
Metode ini merupakan cara yang tepat
untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan maupun individual dan
member kesempatan kepada siswa untuk berperan sebagai guru bagi teman –
temannya. Langkah – langkahnya :
a) Bagikan kertas/
kartu indeks kepada seluruh peserta didik.
b) Setiap peserta didik
diminta menuliskan satu pertanyaan mengenai meteri pelajaran yang sedang
dipelajari di kelas.
c) Kumpulkan
kertas dan acak kemudian bagikan kepada setiap peserta didik dan pastikan tidak
ada yang mendapatkan soalnya sendiri.
d) Minta kepada peserta
didik untuk membaca pertanyaan tersebut dalam hati dan minta untuk memikirkan
jawabannya.
e) Minta kepada
peserta didik untuk membaca pertanyaan tersebut dan menjawabnya.
f) Setelah
dijawab, minta kepada peserta didik lainnya untuk menambahkan jawabannya.
9.
Tebak Pelajaran
Dikembangkan untuk menarik pehatian
siswa selama mengikuti pembelajaran. Langkah – langkahnya :
a) Tulislah atau
tayangkan melalui LCD subject matter dari pelajaran yang akan disampaikan.
b) Mintalah kepada siswa
untuk menuliskan kata – kata kunci apa saja yang diprediksikan muncul dari
materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru.
c) Sampaikan
meteri pembelajaran secara interaktif.
d) Selama proses
pembelajaran siswa diminta menandai hasil prediksi mereka yang sesuai dengan
materi yang disampaikan oleh guru.
e) Diakhir
pelajaran tanyakan berapa jumlah tebakan mereka yang benar.
Comments
Post a Comment