Proses Perkembangan Kognitif
Dalam pembahasan proses perkembangan kognitif,
ada dua alternative proses perkembangan kognitif yaitu pada teori dan
tahap-tahap perkembangan yang dikemukakan oleh Piaget dan proses perkembangan
kognitif oleh para pakar psikologi pemprosesan informasi. teori
Perkembangan Kognitif Piaget.
Piaget meyakini bahwa pemikiran seorang anak
berkembang dari bayi sampai dia dewasa. Menurut teori Piaget, setiap individu
pada saat tumbuh mulai dari bayi yang baru di lahirkan sampai mengijak usia
dewasa mengalami empat tingkat perkembangan kognitif, yaitu tahap
sensori-motorik (dari lahir sampai 2 tahun), tahap pra-operasional (usia 2
sampai 7 tahun), tahap konkret-operasional (usia 7 sampai 11 tahun), dan tahap
operasional formal (usia 11 tahun ke atas), dalam buku karangan
Desmita(2009:101) dan (Anwar Holil,2008).
a.
Tahap
Sensori-Motorik (usia 0-2 tahun)
Desmita (2009:101) Dikatakan bahwa bayi bergerak
dari tindakan reflex instinktif pada saat lahir sampai permulaan pemikiran
simbolis. Bayi membangun suatu pemahaman tentang dunia melalui pengkoordinasian
pengalaman-pengalaman sensor dengan tindakan fisik.
b.
Tahap
Pra-Operasional (usia 2-7 tahun)
Pada tahap ini anak mulai
merepresentasikan dunia dengan kata-kata dari berbagai gambar. Kata dan
gambar-gambar ini menunjukkan adanya peningkatan pemikiran simbolis dan
melampaui hubungan informasi indrawi dan tindakan fisik (Desmita, 2009).
c.
Tahap
Konkret-Operasional (usia 7-11 tahun)
Ditahap ini anak dapat berpikir secara logis
mengenai peristiwa-peristiwa yang konkret dan mengklasifikasikan benda-benda ke
dalam bentuk-bentuk yang berbeda (Desmita, 2009). Tetapi dalam tahapan
konkret-operasional masih mempunyai kekurangan yaitu, anak mampu untuk melakukan
aktivitas logis tertentu tetapi hanya dalam situasi yang konkrit. Dengan kata
lain, bila anak dihadapkan dengan suatu masalah secara verbal, yaitu tanpa
adanya bahan yang konkrit, maka ia belum mampu untuk menyelesaikan masalah ini
dengan baik.
d.
Tahap
Operasional Formal (usia 11 tahun-dewasa)
Ditahap ini remaja berfikir
dengan cara yang lebih abstrak, logis, dan lebih idealistik.
Comments
Post a Comment