RPP Tema 3 Subtema 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                           
Satuan Pendidikan          :     SD Kasih sayang
Kelas / Semester              :     I / 1
Tema 3                             :     Kegiatanku
Sub Tema 1                      :     Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran Ke            :     4
Alokasi Waktu                 :     1 x Pertemuan (2 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3.                Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4.                Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.7     Mengenal kosa kata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek ( berupa gambar, slogan sederhana, tulisan dan atau syair lagu)
4.7     Menjelaskan kosa kata bahasa indonesia ddan ejaanyang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
SBDP
3.1     Memahami elemen musik melalui lagu
4.2     Menirukan elemen musik melalui lagu
C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.7.1        Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata tentang kegiatan pagihari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam
4.7.1        Membuat kalimat sederhana tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam
SBDP
3.1.1        Membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
4.2.1        Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukan prosedur gerakan memukul dengan tepat
2.    Melalui kegiatan praktik siswa mampu melakukangerakan memukul dengan tepat
3.    Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan tema
4.    Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dan kosa kata tentang kegiatan pagi hari
5.    Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifiikasi panjang pendek bunyi
6.    Melalui bernyayi siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.    Bahasa Indonesia   : Kosa Kata dan menyalin kalimat
2.    SBDP                     : Teks lagu & panjang pendek nada



F.     MODEL, PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
1.    Model Pembelajaran           :Cooperative Learning
2.    Pendekatan Pembelajaran   : CTL (Contextual teaching and learning)
3.    Metode Pembelajaran         : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
G.    MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media Pembelajaran :
a.    Teks lagu Pergi Belajar
b.    Karton
c.    Alat tulis
2.    Sumber Belajar :
a.    Diri sendiri
b.    Lingkungan
c.    Buku siswa tematik terpadu kurikulum 2013 kelas I Tema 3 “Kegiatanku” hal 32-37
d.   Buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV Tema 3 “Kegiatanku’’ dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan Jakarta (Edisi Revisi 2016).
H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu















Pendahuluan
1.     Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.     Guru bersama siswa memulai kegiatan pembelajaran dengn berdo’a.
3.     Guru mengecek kehadiran siswa/absensi.
4.     Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti dengan bernyanyi mengenai materi pembelajaran.
5.     Guru mengarahkan siswa untuk memaknai lagu yang telah dinyayikan.
6.     Guru memberi motivasi kepada siswa agar bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
7.     Siswa mendengarkan penjelasan dari guru terkait  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
8.     Guru mamastikan kondisi siswa sudah siap untuk belajar.















15 Menit







Inti
9.     Guru menyampaikan bahwa hari ini akan bermain merangkai kata menjadi kalimat.
10. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang permainan tersebut.
11. Guru menjelaskan aturan main terlebih dahulu yaitu guru memberikan satu kata yang berhubungan kepada masing-masing kelompok. Kelompok tersebut harus membuat kalimat yang berhubungan dengan pagi hari, dari kata tersebut. Caranya adalah masing-masing anak secara bergilir dari mulai yang paling depan, mengucap satu kata dilanjut dengaan teman di belangkangnya setiap kelompok akan mendapatkan 100 Poin.
12. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru, tentang cara permainan merangkai kata.
13. Setelah bermain, guru meminta siswa untuk menyalin kalimat yang berada dikertas yang diberikan oleh guru.
14. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan tekun
15. Guru memberikan perhatian kepada siswa yang belum mampu.
16. Guru mengawasi siswa selama mengerjakan tugas.
17.  Guru meminta peserta didik untuk bernyayi pergi belajar.
18.  Siswa mengikuti cara menyayi lagu pergi belajar yang di contohkan guru.







120 Menit




Penutup
19. Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
20. Siswa bersama guru mengadakan refleksi.
21. Siswa diberikan tindak lanjut berupa: tugas rumah secara individu, yaitu siswa mencari informasi mengenai materi lanjutan yang akan dipejari.
22. Siswa bersama guru mengakhiri kegiatan dengan doa bersama dan salam penutup.




10 Menit
I.       Penilaian
1.   Sikap (Afektif)
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen Penilaian
Observasi
Daftar cek, dan skala penilaian

2.    Keterampilan (Psikomotorik)
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen Penilaian
Unjuk Kerja
Rubrik dan skala penilaian


Comments