Silabus Pembelajaran Kelas 1 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6


Satuan Pendidikan      :  SDN Kasih Sayang
Kelas                             :   I (Satu)
Tema 3                          :   Kegiatanku
Sub Tema 2                  :  Kegiatan di Pagi hari
Pembelajaran               :   Ke-6

Kompetensi Inti
1.        Memiliki dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.        Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca), dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.        Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerak yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia






Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Bahasa Indonesia
3.7    Mengenal kosa kata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek ( berupa gambar, slogan sederhana, tulisan dan atau syair lagu)
4.7    Menjelaskan kosa kata bahasa indonesia ddan ejaanyang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
Kosa Kata
1.     Guru menyampaikan bahwa hari ini akan bermain merangkai kata menjadi kalimat.
2.     Guru menjelaskan aturan main terlebih dahulu yaitu guru memberikan satu kata yang berhubungan kepada masing-masing kelompok. Kelompok tersebut harus membuat kalimat yang berhubungan dengan pagi hari, dari kata tersebut. Caranya adalah masing-masing anak secara bergilir dari mulai yang paling depan, mengucap satu kata dilanjut dengaan teman di belangkangnya setiap kelompok akan mendapatkan 100 Poin.
3.     Setelah bermain, guru meminta siswa untuk menyalin kalimat yang berada dikertas yang diberikan oleh guru.
4.     Guru memberikan perhatian kepada siswa yang belum mampu.
5.     Guru mengawasi siswa selama mengerjakan tugas.
6.     Guru meminta peserta didik untuk bernyayi pergi belajar.

penilaian sikap dan keterampilan

1 x Pertemuan

1 JP = 35 menit














·    Buku teks

·    Buku penunjang

·    Internet

·    Lingkung-an












SBDP

3.1  Memahami elemen musik melalui lagu
4.2  Menirukan elemen musik melalui lagu

Teks lagu pergi ke sekolah









Comments